36 views

10 Tempat Wisata Kuliner di Solo yang Terkenal

Kuliner di Solo – Tahukah kamu, kota Solo merupakan kota layak huni no 1 di Indonesia menurut survey IAP (Ikatan Ahli Perencanaan) dengan nilai kelayakan 66,9%. Selain sebagai kota layak huni, Solo memiliki pesona akan wisata kuliner dan wisata budaya. Kota Solo memiliki banyak nilai sejarah, termasuk tempat wisata kuliner legendaris yang sudah ada sejak dulu dan masih ada hingga sekarang. Ada banyak tempat wisata kuliner yang terkenal di Solo yang perlu kamu kunjungi saat staycation.

Khususnya untuk kamu para pecinta kuliner dan traveller dari berbagai tempat, kuliner khas di Solo dapat membuat kamu penasaran dan nagih untuk dicoba.  Agar memudahkan kamu mengelilingi kota Solo untuk berkuliner ria, The Nyaman Hotel telah merangkum 10 Tempat Wisata Kuliner di Solo yang Terkenal :

 

Tempat Kuliner di Solo

1. Nasi Liwet Wongso Lemu

Belum lengkap rasanya jika Kamu berkunjung ke Solo tanpa mampir ke tempat wisata kuliner yang satu ini. Nasi liwet merupakan sajian khas kota Solo yang berisi sayur lebu siam, suwir ayam, telur rebus dengan sedikit santan kental. Makanan ini biasanya dijajakan di waktu malam dan keberadaannya mudah di cari di berbagai suduk kota Solo. Salah satu rujukan nasi liwet yang sudah terkenal dan melegenda adalah nasi liwet wongso lemu.

Nasi liwet wongso lemu sudah ada sejak tahun 1950, lebih dari enam dekade warung nasi liwet wongso lemu menjual sajian ini. Meski tak beda dengan nasi liwet lainnya, diakui harga nasi liwet wongso lebih tinggi yakni Rp. 19.000 untuk nasi liwet biasa dan Rp.20.000 untuk nasi liwet komplit dengan ati. Keunikan dari warung ini adalah penjual mengenakan baju tradisional kebaya.

 

Lokasi : Jl. Teuku Umar, Keprabon, Solo

Harga per porsi : Rp.19.000 – Rp. 22.000

Jam Buka : 16.00 – 01.00 WIB

 

Baca Juga : 6 Jajanan Pasar Khas Kota Solo

 

Tempat Kuliner di Solo

2. Warung Sate Kere Bu Yu Rebi

Jika kamu berkunjung ke kota Solo jangan lupa untuk mampir di tempat wisata kuliner yang satu ini. Tempat ini terkenal dan sudah buka sejak 1986 hingga sekarang. Makanan ini merupakan salah satu makanan favorit Prisiden Jokowi di Solo. Warung sate yu Rebi berlokasi di jalan kebangkitan nasional dan selalu ramai pengujung.

Hidangan ini dibuat dari ampas sisa pembiatan tempe yang direndam dalam bumbu bacem dan dibakar di atas bara api. Sate kere disajikan dengan guyuran saus kacang manis pedas.

 

Lokasi : Jl. Kebangkitan Nasional Kios 1-2 Sriwedari, Laweyan, Solo

Harga per porsi : Rp. 10.000

Jam Buka : 09.00 – 20.00 WIB

 

Tempat Kuliner di Solo

3. Gudeg Ceker Bu Kasno

Salah satu kuliner di Solo yang tak kalah ramainya dengan sate Kere yu Rebi yakni gudeg ceker bu Kasno gudeg ceker ini ada sejak tahun 1970 dan keberadaannya sudah melegenda di Solo. Sang pemilik yang bernama bu Kasno mulai meracik gudeg dejak tahun 1970 dan merupakan resep warisan dari ibundanya. Warung gudeg ini menjadi legenda kuliner yang terkenal. Meski buka pagi dini hari, warung ini tak pernah sepi pengunjung dan selalu antri.

Jika kamu ingin menikmati salah satu masakan ini kamu harus sabar dan bersedia menunggu. Menu utama gudeg ceker bu Kasno adalah gudeg ceker yang berisi nasi gurih,  ayam kampong empuk, kaldu kuah, telor bacem dan ceker. Bumbu dan racikannya pas menambah kenikmatan rasa saat disantap.

 

Lokasi : Jl. Mongisidi, Margoyudan, Solo

Harga per porsi : Rp. 18.000

Jam Buka : 01.30 – 07.00 WIB

 

Tempat Kuliner di Solo

4. Tengkleng Bu Edi

Tengkleng bu Edi merupakan salah satu tempat wisata kuliner di Solo yang terkenal dan koni diteruskan oleh anak pertamanya. Meski begitu, kualitas cita rasa tetap sama dantidak pernah sepi pembeli. Jika kamu ingin merasakan cita rasa tengkleng yang dipincuk dengan daun pisang ini, kamu harus bersedia menunggu untuk antre. Tengkleng merupakan makanan yang menyerupai gulai namun memiliki kuah lebih encer dengan sedikit daging yang menempel.

Usaha tengkleng bu Edi dimulai sejak tahun 1971 di sekitar pasar klewer. Warung tengkleng ini buka pukul 12.30 WIB dan sebelum jam buka biasanya sudah ada yang antre karena takut kehabisan. Jangan datang terlalu sore, karena setelah buka dalam 3-4 jam tengkleng bu Edi akan habis. Disini kamu dapat memesan tengkleng mulai dari sumsum tulang, daging kambing hingga jeroan.

 

Lokasi : Gapura pasar klewer, jl Radjiman

Harga per porsi : Rp. 30.000 – Rp. 50.000

Jam buka : 12.30 – Habis WIB

 

Tempat Kuliner di Solo

5. Warung Pecel Bu Kis

Warung pecel bu Kis yang bertempat di belakang kantor pengadilan Solo, memiliki cita rasa yang khas dan terkenal. Warung pecel bu Kis tidak hanya menyediakan pecel saja namun juga ada gado-gado, gudangan dan tahu acar. Pecel bu Kis berisi paduan sayur segar daun papaya, bayem, kembang turi, kenikir, toge dan kol yang disiram sambel kacang.

Menu lain yang tak kalah adalah sambel tumpang. Sambel ini bukan hanya sambel yang diolah dan disajikan dengan cobek, melainkan diolah menjadi sayur berkuah santan. Santan dimasak dengan tempe semangit atau tempe yang hampir busuk. Sambel tumpang ini cocok dipadukan dengan pecel dalam sepiring nasi pecel.

 

Lokasi : Jl. Gledes Priyobadan Solo ( belakang kantor pengadilan Solo )

Harga per porsi : Rp. 15.000 – Rp. 25.000

Jam buka : 07.00 – 14.00 WIB

 

Tempat Kuliner di Solo

6. Sate Kambing Buntel Mbok Galak

Sate kambing mbok galak sudah terkenal dan sudah ada sejak 1980 dan lokasinya ini dekat dengan rumah presiden Jokowi. Di warung sate mbok galak kamu dapat memesan berbagai macam olahan sate kambing, namun menu andalannya adalah sate buntel. sate buntel merupakan sajian sate yang terbungkus lemak dan disajikan dengan siraman kuah kacang di atas nya.

Rahasia dibalik lunaknya daging kambing adalah pemilihan daging yang berkualitas dan kambing berumur sekitar satu tahun. Kambing dengan umur di atas satu tahun jika diolah dagingnya akan alot dan berbau prengus. kamu bisa mencoba salah satu makanan terkenal di Solo ini tanpa bingung akan lokasinya.

 

Lokasi : Jl. Ki Mangunsarkoro 122, Sumber

Harga per porsi : Rp. 20.000 – Rp. 45.000

Jam buka : 07.00  – 19.00 WIB

 

Tempat Kuliner di Solo

7. Cabuk Rambak

Tak cukup lengkap jika berwisata di kota Solo tidak mencicipi Jajanan Pasar Khas Kota Solo yang satu ini yakni cabuk rambak. Rambak merupakan kata yang familiar untuk di dengar bukan? Sedang cabuk masih terasa asing di telinga. Cabuk rambak merupakan jajanana pasar khas kota Solo yang berisi lontong dan kerupuk karak dengan siraman saus kacang.

Jajanan pasar yang satu ini biasa dihidangkan menggunakan daun pisang dan dapat ditemukan di siang hari. Tak kalah dengan pecel ndeso dan nasi liwet, jajanan pasar khas yang satu ini dapat menjadi rekomendasi kuliner untuk kamu yang sedang berkunjung ke kota Solo.

 

Lokasi : Pasar Gede, Shelter PKL Kawasan Stadion Manahan, dan tempat lain.

Harga per porsi : Rp. 5.000

Jam buka : 08.00 – 15.00 WIB

 

Tempat Kuliner di Solo

8. Soto Gading

Soto gading merupakan soto berkuah kental dari kaldu ayam bening. Isian dari soto gading ada mie soun, suwiran daging ayam plus taburan bawang merah goreng dan irisan daun seledri. Rasa soto gading di dominasi oleh rasa kuah kaldu ayam yang ringan dan tidak banyak rempah. makanan ini merupakan salah satu destinasi kuliner di Solo yang rekomended untuk kamu.

Menyantap soto gading tak lengkap tanpa pelengkap lauk seperti perkedel, tempe goreng garit, lumpia, sosis goreng, sate usus, sate telur puyuh, sate kerang, kikil dan pelengkap lauk lainnya. salah satu soto gading yang terkenal adalah soto gading siswo martono, yang sudah berdiri sejak tahun 1974.

 

Lokasi : Sepanjang Jl. Brigjen Sudiarto

Harga per porsi : Rp. 10.000

 

Tempat Kuliner di Solo

9. Selat Mbak Lis

Wisata kuliner tak lengkap jika Kamu tak berkunjung ke tempat kuliner di Solo yang satu ini yakni Selat Mbak Lis. Selat mbak Lis berdiri sejak tahun 1987 dan melegenda hingga sekarang. Menu andalan selat mbak Lis tentu adalah menu selat Solo nya.

Selat Solo merupakan sebuah hidangan kuliner khas Jawa yang memiliki pengaruh hidangan Eropa. Makanan ini terdiri dari daging sapi yang direbus dalam kuah encer terbuat dari bawang putih, cuka, kecap manis, kecap inggris, air serta di bumbui pala dan merica. Kemudian disajikan dengan telur rebus dan sayur sayuran seperti buncis, kentang, tomat, selada, mentimun dan wortel.

 

Lokasi : Serengan Gang II/42 Solo

Harga per porsi : Rp. 12.000 – Rp. 21.000

Jam buka : 08.30 – 17.30 WIB

 

Tempat Kuliner di Solo

10. Timlo Sastro

Bila staycation di Solo jangan lupa mampir ke Pasar gede, di sudut belakang pasar tua yang dibangun 1930 itu ada warung yang tidak pernah sepi pelanggan yakni Timlo Sastro. Sejak tahun 1952, pak Sastro sudah berjualan makanan yang satu ini. Warung timlo sastro selalu ramai dan membludak pada hari libur.

Bagi kamu yang belum pernah mencicipi timlo, mungkin agak sulit membayangkan bagaimana rasanya. Timlo memiliki rasa gurih-gurih segar seperti soto, namun seperti sup. Sebagian orang menyebut timlo merupakan makanan gabungan rasa sup dan soto. Timlo sastro merupakan salah satu tempat penjual timlo Solo yang terkenal dan legendaris dengan rasa nendang.

Lokasi : Pasar Gede Timur No. 1

Harga per porsi : Rp. 7.000 – Rp. 18.000

Jam buka : 06.30 – 15.30 WIB

 

Untuk mengunjungi semua tempat wisata kuliner di Solo kamu perlu tempat menginap. Rekomendasi yang bisa kamu datangi adalah The Nyaman Hotel Solo, Hotel ini memiliki lokasi yang simple, nyaman & terjangkau dan dekat dengan pusat kota Solo. The Nyaman pilihan tepat staycation di Solo.

 

The Nyaman Solo

Jl. Fajar Indah I No.70, Kerten, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57144
+62 271-724842
[email protected]
www.thenyaman.com
@thenyamanhotel

Did you like this? Share it!

Leave Comment

Need Help? Chat with us