1,523 views

10 Destinasi Wisata di Solo Yang Wajib di Kunjungi

Destinasi Wisata di SoloSolo, Kota yang terkenal dengan budaya dan sejarah. Tempat dimana kamu bisa merasakan kehangatan dan keramahtamahan seperti dirumah. Untuk kamu yang rindu akan kenyamanan, kamu bisa berkunjung ke kota solo. Destinasi wisata di solo cukup beragam, mulai dari sejarah dan budaya, edukasi hingga tempat yang istagramable.

Selain tradisi yang lestari, potensi wisata solo memiliki daya tarik tersendiri bagi para traveler. Kamu tidak perlu bingung, disini ada beragam transportasi mulai dari becak, bus batik hingga ojek online yang memudahkan kamu berkeliling dan mengeksplorasi beberapa Destinasi wisata yang ada.

Berikut ini versi The Nyaman terkait 10 Destinasi wisata di Solo yang recommended :

 

Destinasi Wisata di Solo

1. De Tjolomadoe

De Tjolomadoe atau biasa disebut the colomadu, awalnya merupakan pabrik gula yang dirubah sedemikian rupa menjadi museum budaya yang dapat dinikmati. Tempat ini merupakan salah satu tempat yang menampilkan beberapa alat berat yang tertinggal di dalam pabrik gula seperti mesin, gear dan alat proses gula lainnya yang dulunya beroperasi untuk membuat ribuan ton gula. Museum pabrik gula ini menjadi salah satu destinasi di Solo yang wajib dikunjungi karena tempatnya istagramable dan vintage.

Jam operasional : Selasa – Minggu (10.00 – 12.00 WIB)

Harga tiket : Rp. 25.000

Alamat : jl. Adi Sucipto No.1, Paulan Wetan, Malangjiwan, Colomadu, Karanganyar, 57177

 

 

Destinasi Wisata di Solo

2. Kampung Batik Laweyan

Kampung batik laweyan merupakan salah satu di daerah di solo yang memiliki berbagai keistimewaan dengan adanya kelompok pengusaha batik jawa. Letaknya tidak jauh dari stasiun purwosari, bisa menggunakan becak sembari menyusuri jalan utama Solo dan lorong-lorong gang kecil. Interior dalam rumah saudagar kawasan batik laweyan mengundang decak kagum karena memiliki keunikan dan kemegahan layaknya istana keraton Jawa. Kamu dapat berkeliling dan belajar membatik di kawasan kampung batik laweyan ini.

Di dekat destinasi ini kamu dapat menemukan salah satu kue khas Solo yakni kue ledre. Ledre merupakan kue khas Solo yang cukup langka dan terbuat dari beras ketan yang di tanak setengah matang dengan campuran parutan kelapa.

Harga Kursus Batik : Rp. 50.000 – Rp. 100.000

Alamat : Jl. Dr. Rajiman No.521, Laweyan, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah

 

Destinasi Wisata di Solo

3. Keraton Kasunanan Surakarta

Terletak di pusat kota Solo, Keraton Kasunanan Surakarta merupakan salah satu destinasi wisata di Solo yang banyak dikunjungi wisatawan domestik dan international. Pembangunan keraton dilakukan dari taun 1743 hingga 1745 dan kontruksi bangunan keraton menggunakan bahan kayu jati yang diperoleh dari alas kethu di dekat kota Wonogiri. Bangunan keraton Solo di rancang oleh pangeran  mangkubumi, kerabat susuhunan (raja Solo) yang kelak memberontak  dan mendirikan kesultanan Yogyakarta.

Kini keraton Solo dibuka untuk umum khususnya untuk wisata. Kamu dapat melihat berbagai benda bersejarah dan susunan kota lama khas Jawa. Bangunan keraton Solo dikelilingi oleh alun-alun, Pasar Klewer dan Masjid Agung Surakarta.

Bila ingin mengunjungi keraton ini, Kamu harus mematuhi berbagai peraturan seperti tidak memakai kacamata hitam, celana pendek, sandal serta jaket. Bila terlanjur mengenakan celana pendek, kamu dapat meminjam kain bawahan untuk digunakan selama mengelilingi kawasan keraton.

Harga Tiket Masuk : Rp. 10.000

Jam Operasional : 09.00 – 14.00 WIB

Alamat : Baluwarti, Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah

 

 

Destinasi Wisata di Solo

4. Pasar Klewer

Pasar klewer merupakan pasar tekstile terbesar di kota Solo, pasar ini bersebelahan dengan keraton Solo. Kini bangunan pasar klewer telah direnovasi total karena kebakaran yang terjadi tahun 2018 lalu. Pasar klewer menjadi tujuan wisata dan simbol kota Solo yang banyak dikunjungi wisatawan lokal dan internasional untuk mencari oleh-oleh dan baju batik khas.

Sejak November 2012, Pasar klewer ditetapkan sebagai salah satu cagar budaya yang ada di kota Solo. Pasar ini beroperasi dari jam 07.30 hingga 17.00 WIB. Bila kamu malakukan staycation di solo kamu sempatkanlah berkunjung ke pasar ini.

Jam Operasional : 08.00 – 17.00 WIB

Alamat : Jl. DR. Radjiman No.5A, Gajahan, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah

 

 

Destinasi Wisata di Solo

5. Pasar Triwindu

Pasar Triwindu merupakan pasar pusat penjualan barang-barang antik dan kuno, berlokasi di sisi selatan dekat Pura Mangkunegaran. Berbagai barang-barang antik dan kuno di jual di pasar ini, mulai dari uang koin dan kertas kuno keluaran tahun 1800an, topeng, piring kuno, perkakas rumah tangga dan keris batik.

Harga barang-barang antik yang dijual di pasar triwindu bervariasi, mulai harga termurah ribuan, ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. Banyak wisatawan yang berkunjung di tempat ini, namun sebagian besar para wisatawan tersebut memiliki hobi mengoleksi barang-barang antik.

Pasar triwindu memiliki dua lantai dengan jumlah pedagang sekitar 200 pedagang. selain sebagai pusat penjualan barang-barang antik, pasar ini termasuk dalam destinasi wisata di Solo yang recommended untuk dikunjungi.

Jam Operasional : 09.00 – 17.00 WIB

Alamat : Jalan diponegoro kelurahan keprabon, kec. banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah

 

 

Destinasi Wisata di Solo

6. Museum Tumurun

Museum Tumurun merupakan tempat yang bisa jadi rekomendasi untuk Traveler saat staycation di Solo. Museum ini merupakan museum pribadi milik anak dari perusahaan tekstil terbesar Asia yakni PT. Sritex. Iwan Kurniawan Lukminto mendirikan museum ini sebagai bentuk penghormatan untuk sang Ayah, HM Lukminto yang seorang kolektor dan penikmat karya seni.

Nama Temurun berasal dari kata turun temurun yang memiliki arti mewariskan dari generasi ke generasi lainnya. Di dalam museum ini diisi oleh berbagai karya seni koleksi pribadi milik keluarga besar Lukminto. Meski museum pribadi, ternyata museum ini di buka untuk umum. Meski dibuka untuk umum, Kamu tidak bisa masuk secara dadakan.

Kamu harus melakukan reservasi terlebih dahulu ke website resmi museum tumurun yakni di www.tumurunmuseum.com.  Pilih menu event dan lakukan registrasi untuk tanggal dan jam kamu berkunjung. Museum ini hanya menerima kunjungan di hari senin hingga sabtu maksimal 10 group reservasi setiap harinya.

Jam Operasional : Reservasi di Web

Alamat : Jalan Kebangkitan Nasional No. 2. Sriwedari, Laweyan, Solo.

 

Baca Juga : 4 Kriteria hotel terbaik di Solo

 

 

Destinasi Wisata di Solo

7. Gedung Djoeang 45

Gedung Djoeang 45 merupakan bangunan kolonial belanda yang didirikan tahun 1876 dan masih berdiri hingga saat ini. Awalnya bangunan ini berfungsi sebagai bangunan sekolah dan asrama, pelengkap kompleks militer Benteng vastenburg solo yang ada di sebelah utaranya. Bangunan ini termasuk dalam bangunan cagar budaya (BCB) Kota Solo yang dilindungi dan dilestarikan. Gedung ini dulunya bernama gedung DHC 45 (Dewan Harian Cabang 45) dan direnovasi menjadi gedung Djoeang 45 Solo agar jaya kembali dan tidak terlupakan. Gedung ini mulai dibuka untuk umum tanggal 20 September 2019, mulai jam 5 Sore hingga 12 malam.

Wisata gedung djoeang 45 saat ini masih GRATIS dan cukup parkir kendaraan terus pesan dan beli kopi sembari menikmati malam di gedung djoeang 45. untuk saat ini kamu baru boleh mengelilingi area halamannya saja, karena bagian dalam gedung masih dalam proses renovasi.

Jam Operasional : 17.00 – 24.00 WIB

Alamat : Jalan Mayor Sunaryo, Kedung Lumbu, Kec. Pasar Kliwon, Surakarta

 

 

Destinasi Wisata di Solo

8. Keraton Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran merupakan tempat kediaman para penguasa kadipaten praja mangkunegaran yang didirikan pada tahun 1757. Pura mangkunegaran merupakan perpaduan arsitektur Jawa dan Eropa yang terkenal. Dibandingkan dengan kasunanan (Kraton Solo), Pura mangkunegaran lebih terbuka. Pura ini memiliki warna resmi mangkunegaran adalah hijau dan kuning emas.

Banyak masyarakat salah menyebut pura mangkunegaran dengan nama keraton mangkunegaran. Tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata di Solo yang rekomendasi untuk kamu saat staycation di Solo.

Harga Tiket Masuk : Rp. 10.000

Jam Operasional : 08.30 – 14.00 WIB

Alamat : Jl. Ronggowarsito No.83, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah

 

 

Destinasi Wisata di Solo

9. Museum Keris

Solo merupakan kota budaya yang  terkenal akan unsur tradisional seperti batik dan keris. Keris merupakan salah satu senjata tradisional yang terkenal di pulau jawa. Karena dinilai memiliki nilai budaya dan mistis di kalayak masyarakat umum. Untuk melestarikan budaya keris, maka di Solo dibuatkanlah salah satu museum keris yang letaknya di area sriwedari. Museum keris diresmikan tahun 2017 lalu, tepatnya pada 9 Agustus 2017.

Museum ini menyimpan berbagai barang bersenjata keris dengan berbagai macam jenis dari berbagai daerah. Museum keris menyimpan kurang lebih 300 keris dan tombak panjang yang mayoritas berasal dari pulau Jawa. Beberapa keris pada zaman kerajaan pun juga dapat Kamu temukan disini.

Jika kamu berniat berkunjung ke tempat ini, Kamu cukup menyiapkan uang Rp.7500 per pengunjung sebagai tiket masuknya. Lokasi di sekitar pusat kota Solo dan bias kamu temukan di Google Maps. Jadi jangan khawatir untuk berkunjung ke tempat ini.

Harga Tiket Masuk : Rp. 10.000

Jam Operasional : 08.30 – 15.00 WIB

Alamat : Jl. Bhayangkara No.2, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah

 

 

Destinasi Wisata di Solo

10. Masjid Siti Aisyah

Masjid Siti Aisyah atau lebih dikenal masjid kotak ini berada di Jl. Menteri Supeno, Manahan, Kec. Banjarsari, Surakarta. Dikenal sebagai masjid kotak karena bentuk arsitektur masjid identik dengan bentuk kotak / kubus dan terlihat mewah. seluruh bagian ditutupi batu marmer dan dihiasi dengan pahatan bertuliskan lafal Allah dan Muhammad.

Masjid 3 lantai ini mampu menampung sekitar 500 jamaah. Masjid yang dikelola yayasan Siti Aisyah ini tidak pernah sepi dari jamaah dan dekat dengan pusat kota Solo dan tepat berada di belakang stadion Manahan. Jika Kamu berkunjung ke Solo, masjid ini wajib kamu kunjungi

 

Berikut 10 destinasi wisata di Solo versi The Nyaman Hotel yang patut kamu coba setiba di Solo. Bila Kamu staycation di Solo Sempatkanlah berkunjung ke The Nyaman, untuk kenyamanan yang nyata setiba di kota Solo. Selamat berkunjung di kota Solo. The Nyaman Solo – Simple Nyaman & Terjangkau.

 

The Nyaman Solo

Jl. Fajar Indah I No.70, Kerten, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57144
+62 271-724842
[email protected]
www.thenyaman.com
@thenyamanhotel

Did you like this? Share it!

Leave Comment

Need Help? Chat with us