85 views

6 Jajanan Pasar Khas Kota Solo Yang Wajib Dicoba

Jajanan Pasar Khas Kota Solo – Kota Solo merupakan kota yang terkenal akan budaya dan sejarah dengan icon kota batik. Taukah Kamu, selain terkenal akan wisata budayanya Solo juga terkenal dengan wisata kulinernya. Termasuk jajanan pasar yang sudah ada sejak dulu dan masih ada hingga sekarang.

Kamu dapat mencari jajanan pasar yang legendaries dan masih eksis hingga kini di beberapa tempat seperti Pasar Gede. Jajanan pasar di Solo ada banyak macamnya, namun ada beberapa jajanan pasar yang khas dan enak serta murah meriah. Berikut The Nyaman meringkas 6 Jajanan pasar khas kota Solo yang wajib kamu coba :

 

Jajanan Pasar Khas Kota Solo

Lenjongan

Lenjongan merupakan salah satu jajanan pasar khas kota Solo yang cukup terkenal dan sudah ada sejak dulu. Lenjongan merupakan jajanan pasar yang terdiri dari berbagai macam makanan seperti ketan hitam, tiwul, ketan putih, gethuk, sawut, cenil dan klepon yang ditaburi dengan parutan kelapa dan gula merah cair.

Makanan ini dapat Kamu temukan di tempat tempat ramai seperti pasar. Lenjongan merupakan jajanan pasar yang berasa manis dan untuk seporsi lenjongan lengkap kamu hanya perlu merogoh kocek Rp. 4.000.

 

Lokasi : Pasar (Pasar : Pasar gede, Pasar klewer & dll)

Harga : Rp. 4.000

Jam buka : Pagi – 15.00 WIB (disarankan pagi)

 

Jajanan Pasar Khas Kota Solo

Es Dawet Telasih

Salah satu jajanan pasar legendaris kota Solo yang bisa kamu temukan di sekitar pasar klewer atau pasar gede. Jajanan pasar yang satu ini menyegarkan karena terbuat dari kuah santan dengan beberapa aneka campuran ketan hitam, tape ketan, jenang sumsum, biji telasih, cairan gula dengan tambahan es batu.

Es dawet khas Solo yang satu ini terlihat berbeda dengan es dawet di tempat lain seperti di daerah purworejo, banjanrnegara dan jepara. Es dawet telasih cocok di santap saat siang hari sembari istirahat dari kegiatan berkeliling di pasar atau wisata.

 

Lokasi : Pasar Gede, Alun-alun, Pasar Klewer & tempat lain

Harga Per porsi : Rp. 5.000 – Rp. 8.000

Jam buka : pagi – 15.00 WIB

 

Jajanan Pasar Khas Kota Solo

Es Gempol Pleret

Jika ingin merasakan segarnya es gempol pleret, salah satu tempat yang dapat kamu kunjungi di kota Solo adalah Pasar Gede. Pasar ini menjadi tempat icon kota Solo yang menjual berbagai makanan dan jajanan pasar khas kota Solo. Es gempol pleret merupakan jenis jajanan pasar yang terdiri dari adonan gempol dan pleret yang terbuat dari tepung beras. Kemudian disiram santan dan sebagai pemanis diberi gula jawa serta dipadukan agar-agar tradisional yang kenyal.

Es gempol pleret cenderung lebih berwarna-warni karena dibuat dengan paduan berbagai pewarna makanan. Jajanan pasar ini di bandrol dengan harga yang cukup murah dengan harga Rp. 7.000.

 

Lokasi : Pasar gede dan tempat lain

Harga : Rp. 7.000

Jam Buka : pagi – 15.00 WIB

 

Baca Juga : 10 Destinasi Wisata di Solo Yang Menarik Untuk di Kunjungi

 

Jajanan Pasar Khas Kota Solo

Tahok

Tahok merupakan salah satu jajanan pasar tradisional kota Solo yang terbuat dari sari kedelai yang disajikan dengan kuah manis dari gula jawa. Makanan tradisional khas Cina atau Tionghoa yang nyaris punah ini, dulu pernah mencapai masa kejayaan di kota Bengawan. Tahok mirip dengan bubur atau puding sutra yang terasa lembut saat dimakan. Proses pembuatan tahok dimulai dari kedelai dicuci, digiling dan diperas hingga menghasilkan sari menerupai santan. Kemudian digodok dan diberi ramuan tertentu hingga mengental menyerupai tahu.

Ada 2 penjual tahok terkenal yang bisa kamu kunjungi saat berkunjung di kota Solo yakni tahok pak citro dan tahok lojiwetan. Tahok pak citro berjualan di pasar gede dan mulai berjualan sejak tahun 1968. Tahok pak citro buka jam 06.00 WIB dan biasa habis pukul 12.00 WIB. Sedang tahok lojiwetan berada di sekitar luwes lojiwetan atau lebih tepatnya di belakang banteng vastenburg. Tahok lojiwetan buka mulai pukul 06.00 hingga 15.00 WIB.

 

Lokasi : Pasar Gede & Lojiwetan

Harga per porsi : Rp.6.000 – Rp.7.000

Jam Buka : 06.00 – 15.00 WIB

 

Jajanan Pasar Khas Kota Solo

Serabi Notosuman

Serabi Notosuman merupakan salah satu jajanan legendaris khas kota Solo yang berasal dari daerah Notosuman. Serabi Notosuman ini berbeda dengan serabi-serabi di daerah lain, perbedaannya terlihat dari bentuk serabi Notosuman yang cenderung tipis dan lembut serta rasa santan yang kuat. Selain itu serabi Notosuman digulung dan dibungkus menggunakan daun pisang.

Serabi Notosuman telah dijual sejak 1923, serabi ini dibuat menggunakan campuran tepung beras dan santan yang dimasak dengan cetakan tanah liat yang diatur berjajar di atas tungku berisi bara api. Ada 2 varian rasa yang bisa kamu pilih yakni cokelat dan original. Ada dua tempat legendaries pembuat serabi Notosuman yakni Serabi Ny Handayani dan Ny. Lidia. Keduanya memiliki toko yang berdekatan hanya beberapa langkah saja.

 

Lokasi : Daerah Notosuman

Harga per Box : Rp. 12.000 – Rp. 25.000

Jam Buka : 05.00 – 19.00

 

Jajanan Pasar Khas Kota Solo

Carang Gesing

Carang gesing merupakan kue basah yang dikukus dengan pembungkus daun pisang berbentuk carang. Bahan utama carang gesing adalah pisang, gula, santan dan telur. Biasanya bahan dasar pisang yang dipakai adalah pisang raja atau pisang kepok. Cita rasa carang gesing cukup manis, legit dan gurih disukai banyak orang.

 

Untuk kamu yang sedang bingung ingin staycation di mana, kami The Nyaman Hotel Solo memberikan solusi simple nyaman dan terjangkau untuk Anda. Tempat yang nyaman dengan harga terjangkau perlu kamu butuhkan untuk kenyamanan staycation di Kota Solo.

 

The Nyaman Solo

Jl. Fajar Indah I No.70, Kerten, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57144
+62 271-724842
[email protected]
www.thenyaman.com
@thenyamanhotel

Did you like this? Share it!

Leave Comment

Need Help? Chat with us